Laman

Minggu, 24 Juni 2012

makan gede

Memang seru dan gada habisnya membicarakan kata yg satu ini. Selalu banyak cerita tentang makan atau makan-makan. Siang tadi aku memutuskan untuk makan siang dengan kupat tahu. Enak bgt, baru tau aku, padahal Mas yg jual sudah sering lewat depan kos, tapi aku aja yg kurang gaul sampe-sampe Mas yg dah langganan lewat situ ga ku hapal :D Memang, biasanya aku masak nasi sendiri, biasa anak kos , terus lauknya aku beli di warung. Tapi siang tadi, keburu pergi ke kampus, jadi ga sempat siapin makan.
Ngomong-ngomong masalah makan lagi, emang gada ujungnya. Makan adalah salah satu kebutuhan utama manusia [dan makhluk lainnya termasuk makhluk halus, hihi]. Yang namanya kebutuhan, manusia sering merasa tidak puas, makan pun sering tidak puas, selalu pengen nambah lagi. Contohnya aku, baru aja siang tadi makan. Belum tiba malam, dah laper lagi, akhirnya aku makan lagi :D Kadang aku takut juga makan banyak-banyak, takut gemuk dan segala resiko lainnya yg diakibatkan banyak makan. Jangan sampe karna banyak makan perutku jadi buncit, aku kurang suka aja kalo perutku buncit. Aku sendiri punya eating management [halah], makan cuma tiga kali sehari, hehe, dah biasa bgt ya.. Tapi kadang, aku bisa makan lebih dari 3x sehari, tergantung kebutuhan.
Masalah makan ini emang banyak efek buruknya kalo tidak terkontrol dengan baik, misalnya kegemukan atau obesitas, kelebihan gula darah, darah tinggi, darah rendah [kalo banyak makan timun atau makan makanan yg kurang zat besi], dll. Komposisi gizi dalam makanan harus seimbang agar suplay energy ke tubuh juga bisa maksimal. Makan yg bergizi pun tidak baik jika tidak dibarengi dengan olahraga. Olahraga tidak perlu yg berat-berat, yg ringan pun cukup asal rutin.
Banyak makan oleh beberapa orang dijadikan hoby, dan sedikit yg membatasinya sebagai kebutuhan hidup. Kalo seandainya manusia membatasi makan itu hanya untuk kebutuhan hidup, maka manusia hanya makan sampe merasa cukup kenyang, tidak sampe kenyang bgt, apalagi sampe ga bisa jalan atau bahkan ga bisa bangun dari tempat ia makan. Nabi sendiri telah mengingatkan perihal makan, berhentilah sebelum kamu kenyang.
Hhhh..sampe dengan sore ini, aku dah makan 3x, ntar malam makan lagi jadi 4x kali, ini dah kelewat aturan makanku. Bukan karena hoby, tp memang laper karna aktivitas berat yg aku lakukan dari pagi banyak menguras tenaga.
Ah, postingan ini, mungkin tidak begitu berguna bagi teman-teman blogger. Lagi pengen aja nulis tentang makan. Selamat makan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar